Selasa, 17 Maret 2020

MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK

MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK

KD:

3.10 Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek

Contoh gambar hasil manipulasi dengan menambah efek:



A.   Cara Menghilangkan dan Mengganti Background Foto

Pemisahan objek dari background dalam photoshop saat ini pupuler dimanfaatkan untuk berbagai  kebutuhaediting  foto.  Baiitu  membuat  background  warna  baru  maupun  untuk sekedamenempatkan objek pada background  dengasebuagambalainnyaMemisahkan objek dari background agaknya menjadi pembelajaran dasar dalam photoshop. Kali ini kita akan memberikan tutorial cara menghapus background di photoshop.
Memanfaatkan berbagai tool-tool yang ada pada toolbox, dimungkinkan pengguna dapat lebih cepat dan leluasa melakukan proses editing ini. Sekilas mungkin terdengar mudah, namun percayalah bahwa anda harus hati-hati melakukan seleksi karena bisa dimungkinkan akan adkesalahan fatal. Kesalahan yang paling sering adalah terlalu berlebihan dalam seleksi maupun ada bagian objek yang tidak ikut terseleksi. Dalam hal ini anda tidak akan menemukan proses yang rumit, cukup dengan menggunakan tool dan lakukan seleksi pada objek lalu delete backgroundnya. Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk menyeleksi objek (gambar), seperti : Pen Tool, Polygonal Laso Tool, dan Quick Selection Tool, masing-masing memiliki karakter sendiri-sendiri cara kerjanya.

Kali ini kita akan menggunakan Pen Tool untuk proses seleksinya. Proses menggunakan Pen Tool memang agak lebih lama, namun hasilnya akan lebih maksimal selama anda menggunakan dengan tepat.

  1. Aktifkan Pen Tool (P)







2. Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untuk menyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik di sekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik  awal.  Jika  muncul  lingkaran  kecil  pada  Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (catatan: istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya  kita  sedang  membuaPath/garis lintasan). untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya.

3. Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan –> pilih Make Selection > akan muncul kotak dialog klik OK saja

Jika sudah, maka akan muncul garis putus-putus yang menandakan objek telah terseleksi.

4Selanjutnya kita lakukan Inverse dengan cara Select Inverse (Shift+Ctrl+i)

Kita tekan tombol delete, dan backgroundpun akan hilang seperti gambar di bawah ini.

B.   Cara Menggunakan Clone Stanp Tool dalam Edit Fotdengan Adobe Photoshop
Clone Stamp tool bekerja dengan mengganti piksel yang tidak diinginkan atau rusak dengan piksel yang baik yang Anda targetkan. Ini adalah tools populer yang relatif mudah digunakan dan memberikan hasil yang akurat dalam proses retouching foto Clone Stamp tool memungkinkan Anda untuk menentukan titik sampel (di mana pixel yang baik yang akan Anda gunakan), dan kemudian di duplikat ke daerah yang jelek (untuk menutupi kerusakan atau cacat). Teknik ini sangat hebat, karena tools Paint Photoshop dapat menggunakan brush lembut, yang dapat  memperhalus  tepi  stamp,  membuat  stroke  lebih  bisa  dipercaya  karena  akan  terlihat menyatu dengan baik.

Pada prinsipnya Clone Stamp Tool akan bekerja seperti tool brush, sehingga kita dapat menyesuaikan ukuran brush yang dibutuhkan. Biasakan memulai dengan ukuran brush kecilkarena semakin besar brush maka area sampel yang diambil juga akan besar. Prinsip kerjanya adalah menyamarkan sebuah area menggunakan sampel dari area lain. Semakin kecil ukuran brush memang membutuhkan effort yang lebih besar, namun hasilnya akan lebih rapi.


1.    Langkah 1: Pilih/aktifkan clone stamp toll






2.  Langkah 2 : Tekan Alt+klik pada daerah/area yang ingin digandakan.

3. Langkah 3 : Lalu drag mouse pada daerah yang ingin disamarkan
4. Langkah 4 : Hasil akan nampak seperti pada gambar di bawah ini, Speaker kecil di sebelah kiri sudah hilang.

Video Pembelajaran : 


Daftar Pustaka :
Ari Handoko, Drs., Dasar Desain Grafis SMK Kl.X Semester genap

Kerjakan Soal-Soal Berikut:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

48 komentar:

  1. Setelah membaca artikel ini saya jadi mengetahui beberapa tool yg sebelumnya belum saya ketahui fungsinya seperti clone stamp tool. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampilan blog nya juga enak dilihat dan dibaca karena tertata rapi dan berurutan

      Hapus
  2. Tutorialnya sangat berguna bagi saya karena kita bisa membuat gambar kita menjadi keren dan menarik.

    BalasHapus
  3. Setelah saya membaca ini, saya jadi tau beberapa tool yang terdapat pada software Adobe Photoshop yaitu seperti clone stamp tool, dan saya jdi tau bagaimana MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK. Sekian terimakasih

    BalasHapus
  4. Tutorial ini sangat menarik dan berguna,karena bisa membantu sya mengetahui fungsi" clone atap tool.

    BalasHapus
  5. Tutorial dan penjelasannya disusun secara baik dan runtut. Sangat cocok untuk pemula pengguna photoshop

    BalasHapus
  6. Tutorialnya mudah untuk dilakukan. Dan juga sangat membantu untuk pemula.

    BalasHapus
  7. Setelah membaca artikel ini saya baru mengerti bagaimana cara MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK.

    BalasHapus
  8. Clone stamp tool??? Saya Belum pernah menggunakanya dan belum tau fungsinya.
    Sekarang saya sudah sedikit mengetahui/mengerti dan saya ingin mencobanya.

    BalasHapus
  9. Setelah saya membaca tutorial ini saya jadi mengetahui cara memanipulasi gambar raster dengan menggunakan efek fitur dan juga bisa mengetahui tool-tool yang sebelum nya saya tidak ketahui.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Berkat tutorial ini saya mendapatkan ilmu baru dlm hal desain grafis dan jg dpat mengetahui berbagai macam manfaat tool yang ada di photoshop dan juga kalimat serta bahasa yang mudah dimengerti

    BalasHapus
  12. Tutorialnya sangat menarik dan dijelaskan dengan cukup lengkap dan mudah dipahami

    BalasHapus
  13. Artikel yang sangat beguna sekali.dan saya Baru mengetahui tool seperti clone stamp tool itu..berfungsi untuk menghapus objek2

    BalasHapus
  14. Tutorial yang sangat menarik, dengan penjelasan tool² di adobe photoshop dengan sangat mudah di mengerti. By Rajula

    BalasHapus
  15. Tutorial ini sangat membantu saya dan dari tutorial ini saya tahu bagaimana cara manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek.

    BalasHapus

  16. Tutorialnya sangat berguna bagi saya karena kita bisa membuat gambar kita menjadi keren dan menarik.Repaldi.

    BalasHapus
  17. Tutorialnya sangat berguna bagi saya karena kita bisa membuat gambar kita menjadi keren dan menarik.

    BalasHapus
  18. Sangat menarik sekali dan sangat berguna untuk saya dan yg lainnya

    BalasHapus
  19. Terdabest👌tampilan blog oke,tutorial dn pnjlsn oke,tentunya sngt memudahkan

    BalasHapus
  20. By. Rajula
    Tutorial yang sangat mempermudah proses mendesain. Dengan penjelasab yangsangat menarik

    BalasHapus
  21. Saya bisa mengetahui tool dan fungsi tool yg ad di Photoshop dan juga ad tutorilnya memudahkan saya untuk mempratekan di rumah. Tutornya juga mudah dipahami #Deni_Kurnia

    BalasHapus
  22. Rahman wijaya:
    Tutorialnya sangat berguna bagi saya karena kita bisa membuat gambar kita menjadi keren dan menarik.

    BalasHapus
  23. Artikel ini sangat bagus.Karena mudah untuk di pahami.

    BalasHapus
  24. Berkat tutorial ini saya mendapatkan ilmu baru dlm hal desain grafis dan jg dpat mengetahui berbagai macam manfaat tool yang ada di photoshop dan juga kalimat serta bahasa yang mudah dimengerti serta tampilannya jg tersusun secara teratur dan tidak membuat si pembaca kebingungan

    BalasHapus
  25. Setelah saya membaca ini, saya jadi tau beberapa tool yang terdapat pada software Adobe Photoshop yaitu seperti clone stamp tool, dan saya jdi tau bagaimana MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK.

    BalasHapus
  26. Afgi finofal:setelah saya membaca artikel ini saya sekarang tahu bagaimana cara mengcrop suatu objek mulai dari kegunaan kegunaan tool nya. toturialnya juga mudah untuk dipraktekkan sendiri.

    BalasHapus
  27. Tutorial ini sangat bagus dan mudah di mengerti. Berkat tutorial ini saya mengerti tentang cara bagaimana manipulasi gambar daster dengan menggunakan fitur efek

    BalasHapus
  28. Tutorial ini sangat menarik dan berguna,karena bisa membantu sya mengetahui fungsi" clone atap tool.

    Balas

    BalasHapus
  29. penjelasan yang bagus dan mudah dipahami.dan terdapat tutorial bagaimana cara manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek.
    by:Wulan

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Bisa di praktekin di rumah ni😍😍😍

    BalasHapus
  32. Tampilan yang bagus. Tersusun Dan tertata rapi membuat Pembaca tidak Akan pernah bosan

    BalasHapus
  33. Tutorialnya sangat menarik dan dijelaskan dengan cukup lengkap dan mudah dipahami

    BalasHapus
  34. Tutorial ini sangat menarik dan berguna,karena bisa membantu saya mengetahui fungsi" clone stap tool.Dan mudah untuk dipahami.TERIMAKSIH.

    BalasHapus
  35. Tutorial diatas sangat bagus. Karena sangat jelas sekali dan mudah dipahamai untuk para pemula. Karena sangat jelas sekali dan urutan" nya. Ini sangat membantu saya. Terimakasih. CHAIRI AMANAH

    BalasHapus
  36. sangat jelas dan mudah dipahami
    sangat membantu
    dan mudah untuk diaplikasikan

    BalasHapus
  37. Tutorial ini sangat menarik dan juga mudah di mengerti karena langkah-langkahnya di sertai dengan gambar

    BalasHapus
  38. Mantaap, tutor nya sangat simple dan mudah di mengerti, jadi makin pro dong gua ngedit :v

    BalasHapus
  39. Roai:Tutorialnya sangat menarik dan dijelaskan dengan cukup lengkap dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  40. Tutorial nya sangat lengkap dan di jelaskan dengan baik .Sangat cocok untuk pemula

    BalasHapus
  41. Penjelasan dengan sangat mudah dimengerti dengan tutorial yang jelas untuk di pahami

    BalasHapus
  42. Mantaap, tutor nya sangat simple dan mudah di mengerti,

    BalasHapus
  43. Awalnya saya kesulitan pada bagian ini, tapi setelah membaca tutorial ini saya sedikit lega dan paham . Terimakasih
    Up

    BalasHapus